Invest Money

Rabu, 27 Juni 2012

KONTRADIKSI KAH DALAM ALQURAN?? BAGIAN 1

KONTRADIKSI KAH DALAM ALQURAN?? BAGIAN 1

Sura 2: al-Baqara (Sang Sapi)


Q 2:21 menyatakan Allâh menciptakan manusia agar menyembahNya.
Q 2:21
Hai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa.


Kontradiksi:
Q 3:97, 35:15 mengatakan Allâh tidak butuh manusia atau jin; Dia tidak butuh apapun.
Q 3:97
Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barang siapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allâh, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barang siapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allâh Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.

Q 35:15
Hai manusia, kamulah yang berkehendak kepada Allâh; dan Allâh Dia-lah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji.
Sumber: http://indonesia.faithfreedom.org/forum/daftar-kontradiksi-qur-an-t30528/ 

Pada Q 2:21 dan Q 3:97, 35:15 memang terlihat seperti kontradiktif karena kalimat اعْبُدُواْ رَبَّكُمُ -u`buduu rabbakum diterjemahkan sebagai sembahlah Tuhanmu. 

Perhatikan pesan gambar sederhana dibawah ini:

Gambar diatas merupakan bentuk berfikir dari mana alquran berasal dan kemana fungsinya diperuntukkan.

Bahan renungan. Harap dibandingkan:
1. Bila alquran diturunkan oleh Allah untuk memperlakukan Allah, Maka manusia yang menerima dan berpedomankan  alquran harus memperlakukan Allah.
2. Bila alquran diturunkan oleh Allah untuk memperlakukan alam semesta dan manusia, Maka manusia yang menerima dan berpedomankan alquran harus memperlakukan alam semesta dan manusia.

Sekarang kita kembali pada kalimat  اعْبُدُواْ رَبَّكُمُ -u`buduu rabbakum (Q 2:21)  

Kata kerja perintah اعْبُدُواْ  -u`buduu terbentuk dari kata kerja  عَبَدَ - يَعْبُدُ - عِباَدَةً -`abada-ya`budu-`ibadatan = beribadah ; hidup meng `abdi 

Adapun perbedaan arti kata "menyembah" dengan kata "mengabdi" sebagai berikut:
-"menyembah" (worship)
verb
1. menghormati dengan mengangkat sembah. 
Contoh: setelah "menyembah" tiga kali di pintu depan, ia lalu masuk;
2. memuja (sesuatu sbg Tuhan atau dewa): 
Contoh: "menyembah" Tuhan; "menyembah" berhala;"menyembah" matahari; "menyembah" patung;
3. ki mengaku di bawah perintah; takluk.
Contoh: "menyembah" ke Majapahit; "menyembah" ke Siam;
Terlihat maknanya lebih dominan mengkultuskan.


"mengabdi" (serve)
verb
1. menghamba; menghambakan diri; berbakti: 
Contoh: mereka berjanji akan benar-benar "mengabdi" kpd nusa dan bangsa;
Terlihat maknanya lebih dominan mengabdikan diri.

Jadi mengacu dari ayat ayat yang tertuang dalam pesan gambar diatas, Terjemah sebenarnya adalah :
"Hidup mengabdilah sesuai ajaran Pembimbing kalian" yakni alquran menurut sunnah rasul.
Atau "Abdikan diri kalian kedalam hidup sesuai ajaran Pembimbing kalian" yakni alquran menurut sunnah rasul.

Makna tersebut tentu tidak kontradiktif melainkan justru saling mendukung penjelasannya dengan QS 3:97 dan 35:15 berikut:
وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ الله غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ
Barang siapa bersikap negatif terhadap ajaran Allah menurut sunnah rasulNya, maka sungguh Allâh dengan penurunan alquran menurut sunnah rasul adalah pembina hidup serba kecukupan daripada semesta alam.QS 3:97

يَاأَيُّهَا النَّاسُ أَنتُمُ الْفُقَرَاءُ إِلَى اللَّهِ وَاللَّهُ هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيْدُ  
Wahai manusia, kalian adalah pelaku hidup serba kekurangan menurut Allâh; sedangkan Allâh dengan alquran menurut sunnah rasul Ialah Maha pembina hidup serba kecukupan lagi maha penyanjung hidup.QS 35:15  

Jadi terlihat perbedaannya dari objectnya. 
Allah kah yang menjadi sebagai object? 
ataukah alam semesta dan manusia sebagai objectnya?? 
dan object apa yang berakibat makna menjadi kontradiktif?

Semoga dengan kita berfikir akan menjadi bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar